Susahnya Mengatur Waktu….emang sih!!

Boss-ku pernah bilang, Saking banyaknya kita mengerjakan dan mengendalikan yg lain, jangan sampai kita sudah mengerjakan semua hal kecuali pekerjaan kita sendiri….nah lho…..bener juga..

pesan boss-ku diatas, jelas mau menunjukkan, kecenderungan kita yang selalu memperhatikan permasalahan/pekerjaan orang lain, sementara pekerjaan kita malah tidak/belum tuntas…

Saya coba berfikir positif, ini merupakan lecutan utk kita lebih produktif dan menentukan hal yang prioritas, karena kesuksesan salah satunya ditentukan oleh management waktu yang baik, hehe….bener gak sih?
tapi…hal ini akan diuji manakala, keadaan memaksa kita menjadi tidak sanggup lg mengatur waktu…barangkali karena order/pesanan kerjaan yang mengalir nyaris tiada henti..

rehat sejenak…sandarkan diri anda…tutup mata….segarkan ingatan kita…

kadang perlu juga otak ini istirahat iya kan?
masih ingat bagaimana para tokoh2 sekaliber Bill Gate, Soichiro Honda dll…mengajarkan sesuatu hal….pribadi sukses adalah pribadi yang dapat menyeimbangkan kehidupannya untuk keluarga, kerja dan sosial.

Dan itu karena mereka sudah pada tahapan WISE yang luar biasa, hehe…saya menyebutnya begitu…krn memang ternyata, sangat perlu seorang Leader memiliki jiwa “wise” ini.

Ironis sekali ketika seorang pemimpin dikatakan sukses tapi tidak sanggup meluangkan waktunya untuk keluarga dan sosial, bahkan lupa waktu?? atau malah berhasil mendelegasikan semua pekerjaannya, tanpa melihat load kerja bawahannya….

Banyak teori lahir dari para ahli….contoh, pemimpin level 5-nya versi Jim Collins, …Stephen R Covey, dgn 8th habbit-nya…VOICE, kembalikan segala sesuatu kedalam suara hati kita…getaran (suara) hati selalu membisikkan hal2 yang universal dan pasti baik…

::Who Am I::

Ada nasihat bagus agar kita dapat lebih baik memanaje waktu,…
perlu rasanya sejenak bertanya, Siapa saya? Mengapa saya ada? Apa keunggulan/kelebihan yang saya miliki? Untuk siapa saya bekerja? Apa hasil/produk dari pekerjaan saya? Di mana saya mengerjakannya?..
ini pernah saya lakukan pada saat melaksanakan training Dale Carnegie, dan saya harus mengisi Form “WHO AM I”…

Efeknya lumayan efektif (walaupun gak efektif2 banget…namanya juga latihan), tetapi tidak cukup sampai disitu, krn ternyata latihan sebenarnya adalah ketika kita dihadapkan pada realitas kehidupan kita..baik dalam pekerjaan kantor, rumah dalam hal ini keluarga dan sosial tentu saja, ini diperlukan agar kita lebih mengenal diri sendiri, yang kadang kita melupakan kekuatan yang sudah kita memiliki, dan sering muncul rasa pesimis….,padahal yang kita perlukan adalah rasa optimis..
tetapi sekali lagi, ini perlu dilatih!!

::TIPS::
walaupun tidak begitu baik…tapi perlu dipertimbangkan beberapa tips dalam mengatur waktu agar lebih efektif :

1. Perhatikan kapan waktu luang yang dimiliki.
Waktu luang yang dimaksud adalah waktu yang membebaskan kita dari segala aktivitas, baik dalam bekerja,sekolah, kuliah dan kegiatan lainnya.

2. Perhatikan kondisi kita yang paling fit untuk mengerjakan sesuatu, misal dimalam hari atau dini hari.

3.Buatlah jadwal untuk mengatur waktu dan akitivitas yang akan dilakukan. Baca buku, mengerjakan pekerjaan kantor, walaupun saran saya…selesaikan pekerjaan kantor sebelum anda pulang, krn begitu sampai ke rumah, waktu anda adalah utk keluarga…

4. Timbulkan motivasi, Goal atau target dari yang anda kerjakan, buat suasana senyaman mungkin… tempat, dgn siapa anda bekerja…diskusi dll.
5.Sempatkan olahraga, walaupun hanya sekedar jogging, atau ikut aerobik di di lapangan umum untuk olahraga, ataupun waktu khusus sesuai hobby…
6.Evaluasi, apa yg telah anda kerjakan…walaupun hanya sebentar, ini diperlukan sbg introspeksi, cobalah berfikir menjadi orang lain, atau “out of the box” untuk mencari alternatif yang lebih kreatif dan orisinil.

7. Berfikirlah positif, bahwa pekerjaan atau tugas sekecil apapun yang anda kerjakan, adalah untuk kebaikan umat…yang dimulai dari kebaikan masa depan diri anda, keluarga anda, perusahaan anda, bangsa….dan Ummat Manusia…

8. Hiburlah, dengan caramu sendiri…
walaupun dengan waktu singkat…tp itu akan membantu anda. Aku sih kadang dengarkan musik, isi FB, apapun yg ada di fikiran kamu yang membuat “mampet” fikiran, tumpahkan saja!!…entah dalam blog seperti yang kuperbuat ini..atau hanya sekedar corat-coret dalam lembar kertas…
9. Terakhir adalah berserah diri…dengan usaha maksimal anda, serahkan semuanya pada yang Maha Kuasa, yang memiliki hidup dan kehidupan ini….tanpa bimbingan dan kuasanya, tidak berati hidup kita ini…bukan begitu?

Begitu bro…walaupun agak carut marut, semoga bisa membantu, boleh tambahkan bila ada yg kurang, atau kritisi bila ada yg salah..sekali lagi…ini adalah coretan dalam kertasku yang aku tumpahkan dalam bentuk blog..

Keep Spirit!! semoga anda menjadi pribadi yang lebih baik dari pribadi anda yang kemaren, dan esok lebih baik…
Salam,
H1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: