>KESULITAN demi KUALITAS yang lebih baik

>

“My Job is to Not be Easy on people, My Job is to make them Better” – Steve Jobs
:: DUA KUPU-KUPU
Dalam satu eksperimen……saat-saat fase atau tahapan pembentukan dua kupu-kupu yang berbeda… sama-sama  berasal dari ulat lalu Kepompong… pada tahapan akhir akan menjadi Kupu-kupu…. dilakukan pada dua kupu-kupu berbeda…..
Calon kupu-kupu pertama, pada saat pembukaan Kepompong untuk mejadi Kupu-kupu, dilaluinya melalui perjuangan, dibiarkan oleh peneliti untuk berjuang sendiri menghadapi kesulitan dalam membuka kepompongnya sebelumnya menjadi kupu-kupu…. tahapan merobek, membuka dan melepas balutan kepompong itu dilaluinya sendiri sehingga dia berhasil keluar secara alami……
Calon kupu-kupu kedua, pada saat pembukaan kepompong dan akan menjadi Kupu-kupu, peneliti membantu merobek dan membukakan jalan keluarnya, hingga begitu mudah dia keluar…….
Dan apa yang terjadi??
Kupu-kupu pertama, menjadi Kupu-kupu besar yang indah…sayap yang lebar berwarna…dan perlahan terbang dengan  ceria….cieeeee….
Kupu-kupu kedua, tetap menjadi kupu-kupu, namun lahir dengan sayap yang lebih pendek kurang mengembang….warna kurang menyala….dan…tidak bisa terbang!!
::MERASA GAGAL
Seorang teman, yang sempat curhat, merasa banyak cobaan dan ujian yang dilaluinya, tdk pernah berhenti dan ingin hidupnya menjadi lebih baik dan bisa sukses seperti orang lain……..(maksud orang lain bisa..SAYA, ahh…masih jauh….  ANDA atau SIAPA saja yang terimajinasi didalam firikiran sahabat saya ini??. fikirku)..memang sangat relatif utk menguraikan arti SUKSES-nya seseorang bukan?..
Sukses, apakah yang dimaksud..Kekayaan, kebahagiaan, ketenangan hidup, keberhasilan usaha dan karir atau jabatan dengan gaji tinggi……keluarga bahagia….popularitas, strata sosial atau hal lain??
karena sampai dgn saat ini pun masih kuanggap, orang lain masih lebih beruntung. atau sukses..haha….itulah keadaannya……satu sama lain jadi saling tunjuk….sangat relatif jadinya….
:: KESULITAN untuk KEMUDAHAN
Dalam Manajemen, boleh kita belajar dari Steve Jobs, CEO Apple Inc., yang memiliki kekayaan US $5,4 M atau setara dgn Rp. 54 Triliun (2008-Forbes)…seettt dah……gimana nyimpennya tuh duit…..
Kata Steve Jobs….”My Job is to Not be Easy on people, My Job is to make them Better” bukan targetnya untuk membuat orang-orang menjadi mudah, tetapi terpenting adalah membuat sekitarnya menjadi lebih baik….Sistem yang dibuat tidak selalu mudah, karena dgn  segala kesulitan-kesulitan yang dihadapinya, justru akan membuat produknya  menjadi lebih baik untuk pengguna….  
Begitu kira-kira ya arti bebasnya…..dan saya yakin anda lebih tahu tentang Manajerial…. 
Saran saya, baca juga perjalanan Steve Jobs, ….yang sebelumnya pernah bekerja di Apple dan keluar……..krn sangat idealis, memegang prinsip kuat dan perjalanan spiritualnya hingga ke India….dan kembali menjadi CEO di Apple.

Kenapa kita harus diuji? dan apakah dgn tidak ada Ujian, hidup kita menjadi lebih berkualitas?? Bukankah Kesulitan adalah jalan menuju Kemudahan??….
Dari cerita diatas….Kita harus percaya….atau “Beriman” istilah dalam agama….Jadi ustadz dulu nih……..terutama bagi anda yang Muslim…”Sementara itu, orang-orang yang beriman, mereka tidak pernah berputus asa dari rahmat Allah SWT. Mereka yakin dengan janji Allah bahwa pada setiap kesulitan itu diapit oleh kemudahan. (QS. Alam Nasyrah  : 6)……Tuhhh…Masih gak yakin???
Terlalu cepat nih artikel menyimpulkan……tapi….inilah yang sempat kutumpahkan,semoga bisa mengambil hikmahnya walau singkat…mohon maaf sebelunya ya…


Salam,
Hendrawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: