>Lingkar Pengaruh sebagai "VALUE AMBASSADOR"

>

“Pagi yg indah, dgn niat yg indah……menata raga utk hidup, pikiran utk selalu belajar, hati yg mencintai ‘n dicintai…. n semangat memberikan yg terbaik…… Keep Smile!! :)”
Terinspirasi dari pelatihan “The 7 Habits of Highly Effective People”-nya Stephen Covey yang saya ikuti….

Diri kita seharusnya dituntut untuk menjadi Agen Perubahan, baik untuk dirinya sendiri, Keluarga dan tentunya untuk kebaikan Linkungannya……kenapa?

Alur dalam kehidupan ini, bila kita menyadarinya…akan selalu ada 3 Konstanta (hal) yang Pasti, yaitu : Kita akan selalu memngalami yang namanya “Perubahan(Change)” bagaimana perubahan itu dilalui dan dihadapi, tergantung dari apa yang kita percayai dan pedomani sebagai “Prinsip Dasar (Principle)”…..dan dengan pedoman yang anda yakini itu, akan selalu ada tantangan dan Respon terhadap kita, hingga kita akan menjatuhkan/memutuskan suatu “Pilihan (Choice)”
Jadi dalam Hidup ada tiga konstanta…… CHANGE, PRINCIPLE dan CHOICE.
dari ketiga Kontanta itulah….akan Membentuk “Nilai-Nilai yang anda yakini sebagai (Value)” yang diterjemahkan menjadi “Perilaku (Behaviour)” kita,  untuk berikutnya… anda akan menjadi cara anda berperilaku…..

Pohon yang Tinggi dan Kuat adalah tergantung dari AKAR yang Kuat, yang menjalar dan mencengkeram kedalam Bumi….karena itulah KEKUATAN, menjadi dasar dari Tinggi dan Kuatnya POHON itu dapat berdiri…
Kata Stephen Covey….
Terpenting adalah Bagaimana kita dapat menanamkan NILAI (VALUE) dan PERILAKU (BEHAVIOUR) yang POSITIF pada diri kita dan ditularkan kepada orang lain……untuk dijadikan BEKAL dalam memilih Keputusannya KELAK….dalam Kehidupan ini….

Nilai-nilai (VALUE) yang dimaksud misalnya Kejujuran, Kepedulian, Transparansi, Kerjasama, Disiplin, Peduli, Tanggung jawab dll, yang merupakan nilai-nilai hakiki yang universal.
Bila setiap orang memegang teguh nilai-nilai ini…pasti tdk ada yang Namanya Pemerintahan yang tidak memikirkan rakyatnya, Peperangan, Perseteruan-perseteruan antar komunitas, Rasa Egois berlebihan…saling tuduh…Pembajakan atau Plagiat (pelanggaran hak Intelegen/hak cipta) karena dengan nilai kejujuran misalnya, akan merasa malu bila mengambil hak orang lain kemudian diakui sebagai karya sendiri, ….tentu tidak akan ada Korupsi, tentu tidak akan ada hal yang merugikan orang lain……….karena Nilai-nilai yang melekat itu akan menjadi pedoman….dengan membisikkan Suara Hati-nya….

Itulah misi terpenting seorang CHANGE AGENT (Agen Perubahan) atau sebagai VALUE AMBASSADOR (Duta Penular Nilai-Nilai Positif) untuk menularkan pengaruhnya.

Sebagai Value Ambassador, diperlukan 4 Dimensi Motivasi, yaitu :

4 Dimensi Motivasi
BODY (Fisik) : Kebutuhan untuk Hidup
MIND (Pikiran) : Kebutuhan untuk terus Belajar/menjadi lebih baik
HEART (Hati) untuk selalu Mencintai dan dicintai, serta
SOUL (Jiwa), yang menjadi SPIRIT atau Semangat memberikan yang tebaik (mewariskan) untuk Generasi Berikutnya.
Dalam bahasa yang mudah, dapat diterjemahkan menjadi RAGA, RASIO, RASA dan RUH….lebih mudah kan?
Ke-empat dimensi diatas dapat digambarkan seperti pada Gambar dikanan ini. (Gbr. 4 Dimensi Motivasi)

Bagaimana CHANGE AGENT atau VALUE AMBASSADOR itu bekerja?
Untuk memudahkah mari kita lihat Alur disebelah dibawah ini… (Gbr. Alur Value Ambassador).

Alur Value Ambassador



diperlukan SYARAT sebagai Value Ambassador, yaitu selain Pengalaman, diperlukan :
– Karakter (Nilai-Nilai diatas)
– Kompetensi
– Komunikasi
dan sebelum untuk orang lain, HARUS dimulai dari DIRI SENDIRI.
TUJUAN yang ingin dicapai adalah HARUS dengan misi Membuat/Membantu orang lain mejadi lebih baik, lebih percaya diri dan memeberikan manfaat

JANGAN DILAKUKAN, sebagai Value Ambassador seperti, MELABEL apalagi Menghukum orang lain. Mis. “Saya rasa, anda sangat Cemas dengan hal ini” atau “Walaupun anda Tidak Tahu tentang ini……” atau hal lain yang men-judge seseorang dengan konotasi Negatif.

Gunakan INTERAKSI dengan Metoda SANDWICH (ada Pembuka, Inti, dan Penutup), selalu dalam Komunikasi ada komponen :

Pembuka, Sampaikan Potensi, Kekuatan atau perilaku KUNCI yang sudah baik yang dimiliki lawan bicara untuk membuat mereka dapat lebih percaya diri.

Inti, sampaikan Harapan yang perlu dicapai, dan tindakan yang diperlukan agar Hal yang kurang itu menjadi lebih baik lagi, dengan WIN-WIN, Memberikan Contoh, dan EMPATY

Penutup, Berikan Selalu Motivasi..untuk mendorong Potensi dari orang lain.
Selanjutnya FEEDBACK, sebagai bentuk introspeksi, dengan tetap memperhatikan Pola-pola posisitf diatas.
Pola yang dijarkan Covey diatas, dapat saja diterjemahkan kedalam Prinsip EQ (Emotional Quotient), IQ (Intelegent Quotient), PQ (Physical Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient) seperti gambar di kanan ini.
Dan dengan dilengkapi Spiritual Quotient ini, seseorang akan semakin lengkap memenuhi Segala Kecerdasan yang didasarinya, karena segala Pikiran, Tindakan, dan Perbuatan atau akan selalu didasarkan akan pertanggungjawaban terhadap sesama dan kepada Tuhan Sang Maha Pencipta. 
Ingat, karena segala sesuatu tergantung dari apa Misi kita….atau Niat, atau istilah kerennya “Contribution Statement”
hehe…

Penyesalan seorang “Albert Einstein” bukan karena dia menemukan Teori Atom, tetapi yang dia takutkan adalah Penggunaan ilmu ini bukan untuk kemaslahatan manusia, tetapi justru menimbulkan kerusakan bagi Manusia….itulah kenapa ketika Nagasaki dan Horoshima dihajar Bom…..dia Menangis… 

DAN…
Bila anda seorang Muslim, sudah seharusnya kita dapat menggunakan segala Akal dan Pikiran kita untuk Kebaikan, sebagai tanda syukur kita atas nikmat yang diberikan…karena masih sedikit yang dapat mempraktekkannya……seperti dalam ayat berikut :

Kemudian Dia (Allah) menyempurnakan dan meniupkan kedalam tubuhnya RohNya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; tetapi kamu sedikit bersyukur. Al Qur’an 32 As-Sajdah : 9


Demikian sekedar wawasan untuk kita…bukan untuk menggurui, tapi sekedar berbagi saja….siapa tahu bermanfaat….

Salam,
Hendrawan

2 Responses to >Lingkar Pengaruh sebagai "VALUE AMBASSADOR"

  1. Anonymous says:

    Aslmkm… salam kenal kang… trima kasi inspiasi nya :)izin copas ;D

  2. Sipp…silahkan…titip linking Sourcenya ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: