>DREAM…..IMAGINE… : Belajar Mengelola MIMPI….

>

Tentang Mimpi lagi nihh…

Ada kata bijak berikut :
Angankan apa yang engkau ingin Angankan
pergilah kemana engkau ingin pergi,
jadilah seperti yang engkau kehendaki,  
sebab hidup hanya satu kali dan engkau hanya memiliki satu kesempatan untuk melakukan     segala hal yang engkau ingin lakukan.            
Semoga engkau punya cukup kebahagiaan        untuk membuatmu tersenyum,
cukup pencobaan untuk membuatmu kuat,   
cukup penderitaan untuk tetap menjadikanmu manusiawi, dan 
cukup pengharapan untuk menjadikanmu bahagia (Sumber : Anonym)

Membaca Anak-anak muda luarbiasa di Majalah Franchise, ide-ide dan kreatifitas yang luar biasa…dan direalisasikan dgn cara yang luar biasa pula…..ada yang beromzet samapai Triliunan, bahakan ada juga mencapai Guinnes World of Record Segala….hebaatt!!
Hampir semuanya bersumber dari mimpi yang luar biasa….dan yang membedakan adalah Kualitas Mimpi-nya

dan saya coba nulis artikel ini….

:: TAHU DALAM KULKAS
Tiga Orang berbeda berada di rumah sendiri….Suasana Dingin, Rintik Hujan tiada henti…. sampai merasakan sedikit Lapar karena dingin…, Masuk ke Dapur, Buka Kulkas…didalamnya hanya tersedia TAHU (makanan dari kacang kedelai)…. Apa yang akan terbayang pertama Kali??
Silahkan Bayangkan atau khayalkan….bila itu diri Anda!..

Beberapa kemungkinan bisa terjadi….
Orang pertama, bisa jadi yang dibayangkan…Tahu Goreng pedas dengan Sup hangat….Sepiring Nasi…tambah sambal, tambah kecap……kelezatan sebuah sajian Makanan…untuk segera menikmatinya di suasana dingin ….
Orang kedua, yang terbayang, Seorang Chef terkenal, meramu makanan Tahu menjadi berbagai Rasa…mungkin Pizza Rasa Tahu, Seafood Tom Yam degan Tahu….dengan Campuran Mayonaise Rasa Tahu (emang ada? Ada saja klo dibuat…hehe)…. Tahu Crispy…atau aneka masakan tahu lainnya…….
Orang ketiga, yang terbayang, Sebuah Mercedes Tipe SLK, seperti yang baru dibeli Syahrini yang harganya 1,5M itu sebagai tanda kontrak 30 lagu, sebagai lagu pertamanya adalah “Aku yang memilihmu” ..tahu kan?, atau berkhayal jalan-jalan ke Luar negeri (mantaapss) …..dengan memiliki beberapa Rumah Mewah di Kawasan Elite Jakarta, Bandung atau Bali atau apartmen mewah di Luar negeri,…..dengan Kolam Renang mewah dan Pelayanan Kelas VVIP??…hanya dengan melihat sepiring TAHU…weekksss
Dari TAHU, bisa terbayang sampai kesana?? Why Not…bisa saja bukan? Karena semuanya tergantung daya imaginasi anda……..dan coba kita lihat apa yang terjadi berikutnya……?
Orang pertama akan segera menikmati khayalannya, yaitu menikmati hasil bayangannya sampai Perutnya kenyang….selesai itu…tidur…zzzz…bangun tidur berkhayal lagi seperti itu…

Orang Kedua, sambil makan sajian seperti orang pertama, dia berkhayal menjadi Cheff terkenal, dan segera dia merencanakan….besok akan kursus masak, dan belajar tentang masakan dalam dan luar negeri…. dan targetnya adalah bisa masak sehebat CHEF berkelas dunia….

Orang ketiga, sambil menikmati sajian seperti orang pertama, dia berkhayal utk mengumpulkan Supplier2 Tahu terbaik di lokasinya, dan merekrut CHEF-CHEF hebat seperti yang dikhayalkan orang kedua,….kemudian merencanakan bagaimana membuka outlet pertama kali, atau Restoran TAHU pertama, sebelumnya dia akan BENCHMARK atau Studi Banding ke Temennya yang sudah buka Restoran, dan dibuatnya menjadi FRANCHISE dengan Merek dagang yang dia ciptakan, hingga mencapai Ribuan Outlet, dalam Negeri dan Luar Negeri, selanjutnya dia akan pilih CEO terbaik untuk menajalankan usahanya…… Sampai dia bisa menikmati apa yang dia Khayalkan…..

Jenis yang manakah KHAYALAN Anda???

:: KUALITAS MIMPI

Ketiga orang contoh diatas, sama-sama berkhayal…..yang membedakan adalah Kualitas MIMPI-nya, klu sama-sama Mimpi kenapa nanggung?…kenapa khayalannya harus berjangka pendek? masalah terealisasi atau tidak…itu tergantung ANDA mewujudkannya dengan SPIRIT HEBAT Anda bukan??  klu gitu…., berkhayal ….sekali lagi, kenapa harus menjadi Tanggung??…

Anda mungkin akan tertawa…..tapi, semoga tidak…… sebab kalau  iya, Anda akan termasuk Kategori orang PERTAMA diatas, …yaaa…..sebagai KONSUMEN SEJATI!!…dan bisa-bisa….SKEPTIS, tidak berfikir terbuka…..bahkan cenderung  seperti Katak dalam Tempurung aja ya….hiiii….menolak kemungkinan terbuka masa depan anda….

so, jangan menolak MIMPI….buatlah segalanya menjadi mungkin….

Saya kasih contoh  Contoh lagi…
 
Ketika WRIGHT bersaudara mengalami gagal terbang dengan uji coba sayap buatannya, kedua WIRGHT bersaudara itu mengatakan “Hanya Burung yang bisa Terbang”…hehe..frustasi dia….padahal setelah generasinya, sekarang Pesawat dimana2 bukan?

Sama Halnya Bell penemu Telepon saat itu……bilang “Bagaimana mungkin Telpon Bisa dibawa-bawa, Diperlukan berapa Kilometer Kabel ? ”…padahal anda sekarang Punya HP bisa lebih dari satu bukan?, dan semuanya tanpa kabel…

Ada lagi…. ketika Tirto Utomo, pertama kali ingin membuat Air Putih Dalam Botol, semua kawan2nya mentertawakannya…buat apa Air Putih pake Botol???…..Tapi Lihat AQUA saat ini, Air Putih yang bisa mengalahkan Minuman-minuman Softdrink kelas Dunia, atau Anggur sekalipun …. bahkan DANONE (perusahaan kelas dunia nih) kepincut membeli AQUA….

Masih belum puas juga?…..Cara berfikir anda Belum terbuka juga……saya bantu lagi dengan contoh lain….

Ingatlah ketika Bill GATES berkhayal tentang Operating System dalam PC dgn Aplikasi/OS yang bisa dijalankan ketika IBM Merajai Dunia?? Klu bukan karena khayalannya…..kita akan terus menikmati Processor dgn FRAME desktop yang kemampuannya seperti KALKULATOR saja, seperti pertama kali IBM memunculkannya…bahkan, krn Idenya dicibirkan…. justru akhirnya, para produsen Processor nyaris mati dengan mengguritanya Bisnis Gates, …….siapa yang tdk kenal OS Windows, Microsoft Office, atau Microsoft chip-nya yang super Brain ini….? dan ingat, untuk mewujudkan khayalan pertamanya dia jalankan hanya disebuah garasi kecil di Rumahnya…..

Juga Zukerberg, ketika berkhayal tentang Situs Komunikasi dengan jejaring Sosial yang dapat berinteraksi untuk semua kalangan…..jadilah FACEBOOK yang anda kenal saat ini….ingin cerita tentang ini, baca : Produk Sosial dengan Cara Kapitalis .
Di Kota-kota besar saat ini, banyak bisnis yang sarat dengan Kreatifitas, dari mimpi-mimpi….contoh…Kadang ada Orang tua sulit Potong Rambut anaknya bukan, yang cenderung tidak mau diam? …saat ini banyak Salon atau Potong Rambut Anak kecil, dengan nuansa ruangan yang membuat anak-anak betah, tapi dengan cara/gaya pemotong rambutnya yang seperti guru anak-anak TK….dengan tempat duduk dari Mainan-mainan yang disukai Anak-anak tentunya….tahu kan? harga sekali potong rambut, bisa lebih mahal dari orang dewasa lho…. hehe….tapi kreatifitas itu memang mahal….tidak mustahil ini berasal dari mimpi yang ringan-ringan tapi lucu…eh…menguntungkan maksudnya…

Itulah Cara Berfikir (mimpi juga) yang OUT OF THE BOX….

Anda adalah apa yang anda Fikirkan, begitu kata pepatah….
Akan jadi apa Anda, itu tergantung apa yang anda fikirkan saat ini….

 
:: TEORI PENDUKUNG

Teori dan penelitian tentang ini banyak ditulis dalam Buku-buku best Seller Dunia….Stephen Covey dalam Bukunya “Seven Habits of Highly Effective People”. …aturan kedua setelah Proaktif sebagai Visi Pribadi adalah “Berawal dari Akhir”…berfikirlah apa yang akan anda tuju…bukan darimana anda akan mulai, ……. dengan berfikir Tujuan  atau TARGET yang ingin dicapai, maka jalannya akan mencari sendiri….selanjutnya Habbit atau kebiasaan lengkapnya sampai dengan ke-7 dapat dilihat pada Catatan akhir Artikel ini….Rekomen untuk dibaca nih buku….

Teori lain, RHONDA BYRNE, dalam bukunya SECRET, pernah saya tampilkan dalam status di Facebook dan Twitter saya,…..”LAW of ATTRACTION” atau “HUKUM KETERTARIKAN”……”You are Holding in Your hand a Great Secret of The Universe”….dengan mengatakan “The Secret has Traveled through centuries…to Reach You”….. dia menekankan, Berfikirlah POSITIF, dan mimpikanlah apa yang anda inginkan….dengan begitu, ….. SEKETIKA, Aura yang ada di sekeliling/dilingkungan Anda akan mengarahkan anda menuju kesana….

Jangan Takut, MIMPI, dan bila perlu khayalkan bahwa anda sedang menjalani nikmatnya Khayalan atau MIMPI ANDA itu seperti nyata,……tuhhh…sampai segitunya, tapi gak usah di depan orang banyak …hehe…jadi kayak orang gila kan? tapi tentu saja beda antara orang Gila dengan Anda yang masih befikir WARAS….hehe……bahkan Rhonda memberikan ilustrasi atau banyak contoh dari orang-orang terkenal Dunia….

Kalau begitu, Bagaimana dan APA anda sekarang? Itulah APA yang pernah anda khayalkan dulu……sebelum terlambat, segera MIMPI….sekarang….dan kelola MIMPI itu dengan baik….

Atau barangkali Anak anda saat ini berkhayal sesuatu, biarkan saja menerawang mimpinya………, bahkan bila perlu biarkan dia berkhayal seolah-olah menjadi apa yg dia khayalkan….karena dunia yang dihadapi mereka tidak akan sama dengan Dunia Anda saat ini….kalau sempat saya akan membuat Atikel lain judulnya “TAHUKAH ANDA”

Jadilah Anda penganut hal-hal yang “Mission Impossible” menjadi “Impossible is Nothing”, kebetulan artikel ini sudah saya buat juga…tapi dalam konteks LEADERSHIP, kalau ingin baca klik disini.

Ada yang perlu diingat setelah (punya Mimpi) itu….klo sudah ada rencana….masih ada lanjutan lagi….
Seperti kata Mantan Presiden Amerika ….

“Rencana tidak ada artinya, yang penting adalah perencanaan” (Dwight D. Eisenhower).

Okelah kalau begitu……semoga menjadi inspirasi untuk anda semua, kalau anda bertanya …Apakah saya pernah bermimpi ? yaa….saya bermimpi ingin dapat memotivasi Anda yang membaca ini untuk menjadi apa yang anda inginkan…..dan…semoga SEGERA TERWUJUD…
Masalah terjadi atau tidak, pasrahkan semuanya pada yang diatas…..
begicuu…

hmm….sayup terdengar Adzan…Sholat dulu yuk?! Setelah itu berdoa semoga apa yang anda atau yang saya Mimpikan atau fikirkan mendapat bimbinganNYA….Aamiin3 Ya Rabbal Alamiin…


 
Salam MIMPI,
Hendrawan

Note:
Buku “Seven Habits of Highly Effective People”. – Stephen R. Covey
Kebiasaan Pertama : Proaktif, Visi Pribadi
Kebiasaan Kedua : Mulailah Dengan Akhir Di Pikiran
Kebiasaan Ketiga : Dahulukan Yang Utama
Kebiasaan Keempat : Pikirkan Menang -Menang
Kebiasaan Kelima : Berusaha Mengerti, Baru Minta Dimengerti
Kebiasaan Keenam : Prinsip-prinsip Kerjasama Kreatif-Wujudkan Sinerji
Kebiasaan Ketujuh : Prinsip Keseimbangan Pembaharuan Diri – MengasahGergaji

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: