Surat Pengunduran Diri Steve Jobs

Dan berikut ini adalah surat resign Steve Jobs kepada dewan direksi Apple:
24 Agustus 2011
Kepada Dewan Direksi Apple dan Komunitas Apple:
Saya selalu mengatakan jika pernah ada datang suatu hari ketika aku tidak bisa lagi memenuhi kewajiban dan harapan sebagai CEO Apple, saya akan menjadi yang pertama untuk memberi tahu Anda. Sayangnya, hari itu telah datang.

DIJUAL/OVER :Apartemen di GATEWAY PASTEUR.

Barangkali Aja NIH……

Mau memiliki Apartemen di tengah KOTA BANDUNG!! Atau Untuk Investasi ………..
DIJUAL/OVER Apartemen GATEWAY PASTEUR, Atas nama Sendiri.
Lokasi Apartemen, Persis Depan Gerbang TOL PASTEUR Kota Bandung,
Ada MALL, Hotel, dan Food Junction…..

Teori 80:20…Untuk ANDA

Sekali waktu, perhatikan isi lemari pakaian anda….perhatikan deretan atau lipatan pakaian yang ada di lemari itu……saya tebak…  hanya 20% pakaian yang sering anda pakai dalam 80% aktifitas sehari-hari…….. betul tidak??  
klo gak percaya hitung saja…  sisanya bisa jadi  kategori pakaian yang jarang atau malah bisa jadi tak tersentuh lebih dari 1 bulan….bahkan setahun…hehe…… itulah seperti judulnya Teori 80/20.

J

Kalau ternyata benar…., boleh dong…. 20% dari pakaian yang jarang dipakai ini disumbangkan/didermakan saja, untuk mengoptimalkan 80% lainnya….  bukan begitu? 
Hahaa…….hitung-hitung bagi-bagi kesenangan sekaligus sebagai amal…..

Read more of this post

>Lingkar Pengaruh sebagai "VALUE AMBASSADOR"

>

“Pagi yg indah, dgn niat yg indah……menata raga utk hidup, pikiran utk selalu belajar, hati yg mencintai ‘n dicintai…. n semangat memberikan yg terbaik…… Keep Smile!! :)”

Terinspirasi dari pelatihan “The 7 Habits of Highly Effective People”-nya Stephen Covey yang saya ikuti….

Diri kita seharusnya dituntut untuk menjadi Agen Perubahan, baik untuk dirinya sendiri, Keluarga dan tentunya untuk kebaikan Linkungannya……kenapa?

Alur dalam kehidupan ini, bila kita menyadarinya…akan selalu ada 3 Konstanta (hal) yang Pasti, yaitu : Kita akan selalu memngalami yang namanya “Perubahan(Change)” bagaimana perubahan itu dilalui dan dihadapi, tergantung dari apa yang kita percayai dan pedomani sebagai “Prinsip Dasar (Principle)”…..dan dengan pedoman yang anda yakini itu, akan selalu ada tantangan dan Respon terhadap kita, hingga kita akan menjatuhkan/memutuskan suatu “Pilihan (Choice)”
Jadi dalam Hidup ada tiga konstanta…… CHANGE, PRINCIPLE dan CHOICE.

dari ketiga Kontanta itulah….akan Membentuk “Nilai-Nilai yang anda yakini sebagai (Value)” yang diterjemahkan menjadi “Perilaku (Behaviour)” kita,  untuk berikutnya… anda akan menjadi cara anda berperilaku…..

Pohon yang Tinggi dan Kuat adalah tergantung dari AKAR yang Kuat, yang menjalar dan mencengkeram kedalam Bumi….karena itulah KEKUATAN, menjadi dasar dari Tinggi dan Kuatnya POHON itu dapat berdiri…

Kata Stephen Covey….

Terpenting adalah Bagaimana kita dapat menanamkan NILAI (VALUE) dan PERILAKU (BEHAVIOUR) yang POSITIF pada diri kita dan ditularkan kepada orang lain……untuk dijadikan BEKAL dalam memilih Keputusannya KELAK….dalam Kehidupan ini….

Nilai-nilai (VALUE) yang dimaksud misalnya Kejujuran, Kepedulian, Transparansi, Kerjasama, Disiplin, Peduli, Tanggung jawab dll, yang merupakan nilai-nilai hakiki yang universal.
Bila setiap orang memegang teguh nilai-nilai ini…pasti tdk ada yang Namanya Pemerintahan yang tidak memikirkan rakyatnya, Peperangan, Perseteruan-perseteruan antar komunitas, Rasa Egois berlebihan…saling tuduh…Pembajakan atau Plagiat (pelanggaran hak Intelegen/hak cipta) karena dengan nilai kejujuran misalnya, akan merasa malu bila mengambil hak orang lain kemudian diakui sebagai karya sendiri, ….tentu tidak akan ada Korupsi, tentu tidak akan ada hal yang merugikan orang lain……….karena Nilai-nilai yang melekat itu akan menjadi pedoman….dengan membisikkan Suara Hati-nya….

Itulah misi terpenting seorang CHANGE AGENT (Agen Perubahan) atau sebagai VALUE AMBASSADOR (Duta Penular Nilai-Nilai Positif) untuk menularkan pengaruhnya.

Sebagai Value Ambassador, diperlukan 4 Dimensi Motivasi, yaitu :

4 Dimensi Motivasi
BODY (Fisik) : Kebutuhan untuk Hidup

MIND (Pikiran) : Kebutuhan untuk terus Belajar/menjadi lebih baik

HEART (Hati) untuk selalu Mencintai dan dicintai, serta

SOUL (Jiwa), yang menjadi SPIRIT atau Semangat memberikan yang tebaik (mewariskan) untuk Generasi Berikutnya.
Dalam bahasa yang mudah, dapat diterjemahkan menjadi RAGA, RASIO, RASA dan RUH….lebih mudah kan?

Ke-empat dimensi diatas dapat digambarkan seperti pada Gambar dikanan ini. (Gbr. 4 Dimensi Motivasi)

Bagaimana CHANGE AGENT atau VALUE AMBASSADOR itu bekerja?

Untuk memudahkah mari kita lihat Alur disebelah dibawah ini… (Gbr. Alur Value Ambassador).



Alur Value Ambassador



diperlukan SYARAT sebagai Value Ambassador, yaitu selain Pengalaman, diperlukan :

– Karakter (Nilai-Nilai diatas)

– Kompetensi

– Komunikasi

dan sebelum untuk orang lain, HARUS dimulai dari DIRI SENDIRI.

TUJUAN yang ingin dicapai adalah HARUS dengan misi Membuat/Membantu orang lain mejadi lebih baik, lebih percaya diri dan memeberikan manfaat

JANGAN DILAKUKAN, sebagai Value Ambassador seperti, MELABEL apalagi Menghukum orang lain. Mis. “Saya rasa, anda sangat Cemas dengan hal ini” atau “Walaupun anda Tidak Tahu tentang ini……” atau hal lain yang men-judge seseorang dengan konotasi Negatif.

Gunakan INTERAKSI dengan Metoda SANDWICH (ada Pembuka, Inti, dan Penutup), selalu dalam Komunikasi ada komponen :

Pembuka, Sampaikan Potensi, Kekuatan atau perilaku KUNCI yang sudah baik yang dimiliki lawan bicara untuk membuat mereka dapat lebih percaya diri.

Inti, sampaikan Harapan yang perlu dicapai, dan tindakan yang diperlukan agar Hal yang kurang itu menjadi lebih baik lagi, dengan WIN-WIN, Memberikan Contoh, dan EMPATY

Penutup, Berikan Selalu Motivasi..untuk mendorong Potensi dari orang lain.

Selanjutnya FEEDBACK, sebagai bentuk introspeksi, dengan tetap memperhatikan Pola-pola posisitf diatas.

Pola yang dijarkan Covey diatas, dapat saja diterjemahkan kedalam Prinsip EQ (Emotional Quotient), IQ (Intelegent Quotient), PQ (Physical Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient) seperti gambar di kanan ini.
Dan dengan dilengkapi Spiritual Quotient ini, seseorang akan semakin lengkap memenuhi Segala Kecerdasan yang didasarinya, karena segala Pikiran, Tindakan, dan Perbuatan atau akan selalu didasarkan akan pertanggungjawaban terhadap sesama dan kepada Tuhan Sang Maha Pencipta. 
Ingat, karena segala sesuatu tergantung dari apa Misi kita….atau Niat, atau istilah kerennya “Contribution Statement”
hehe…

Penyesalan seorang “Albert Einstein” bukan karena dia menemukan Teori Atom, tetapi yang dia takutkan adalah Penggunaan ilmu ini bukan untuk kemaslahatan manusia, tetapi justru menimbulkan kerusakan bagi Manusia….itulah kenapa ketika Nagasaki dan Horoshima dihajar Bom…..dia Menangis… 

DAN…
Bila anda seorang Muslim, sudah seharusnya kita dapat menggunakan segala Akal dan Pikiran kita untuk Kebaikan, sebagai tanda syukur kita atas nikmat yang diberikan…karena masih sedikit yang dapat mempraktekkannya……seperti dalam ayat berikut :

Kemudian Dia (Allah) menyempurnakan dan meniupkan kedalam tubuhnya RohNya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; tetapi kamu sedikit bersyukur. Al Qur’an 32 As-Sajdah : 9


Demikian sekedar wawasan untuk kita…bukan untuk menggurui, tapi sekedar berbagi saja….siapa tahu bermanfaat….

Salam,

Hendrawan

>KESULITAN demi KUALITAS yang lebih baik

>

“My Job is to Not be Easy on people, My Job is to make them Better” – Steve Jobs
:: DUA KUPU-KUPU
Dalam satu eksperimen……saat-saat fase atau tahapan pembentukan dua kupu-kupu yang berbeda… sama-sama  berasal dari ulat lalu Kepompong… pada tahapan akhir akan menjadi Kupu-kupu…. dilakukan pada dua kupu-kupu berbeda…..
Calon kupu-kupu pertama, pada saat pembukaan Kepompong untuk mejadi Kupu-kupu, dilaluinya melalui perjuangan, dibiarkan oleh peneliti untuk berjuang sendiri menghadapi kesulitan dalam membuka kepompongnya sebelumnya menjadi kupu-kupu…. tahapan merobek, membuka dan melepas balutan kepompong itu dilaluinya sendiri sehingga dia berhasil keluar secara alami……
Calon kupu-kupu kedua, pada saat pembukaan kepompong dan akan menjadi Kupu-kupu, peneliti membantu merobek dan membukakan jalan keluarnya, hingga begitu mudah dia keluar…….
Dan apa yang terjadi??
Kupu-kupu pertama, menjadi Kupu-kupu besar yang indah…sayap yang lebar berwarna…dan perlahan terbang dengan  ceria….cieeeee….
Kupu-kupu kedua, tetap menjadi kupu-kupu, namun lahir dengan sayap yang lebih pendek kurang mengembang….warna kurang menyala….dan…tidak bisa terbang!!
::MERASA GAGAL
Seorang teman, yang sempat curhat, merasa banyak cobaan dan ujian yang dilaluinya, tdk pernah berhenti dan ingin hidupnya menjadi lebih baik dan bisa sukses seperti orang lain……..(maksud orang lain bisa..SAYA, ahh…masih jauh….  ANDA atau SIAPA saja yang terimajinasi didalam firikiran sahabat saya ini??. fikirku)..memang sangat relatif utk menguraikan arti SUKSES-nya seseorang bukan?..
Sukses, apakah yang dimaksud..Kekayaan, kebahagiaan, ketenangan hidup, keberhasilan usaha dan karir atau jabatan dengan gaji tinggi……keluarga bahagia….popularitas, strata sosial atau hal lain??
karena sampai dgn saat ini pun masih kuanggap, orang lain masih lebih beruntung. atau sukses..haha….itulah keadaannya……satu sama lain jadi saling tunjuk….sangat relatif jadinya….
:: KESULITAN untuk KEMUDAHAN
Dalam Manajemen, boleh kita belajar dari Steve Jobs, CEO Apple Inc., yang memiliki kekayaan US $5,4 M atau setara dgn Rp. 54 Triliun (2008-Forbes)…seettt dah……gimana nyimpennya tuh duit…..
Kata Steve Jobs….”My Job is to Not be Easy on people, My Job is to make them Better” bukan targetnya untuk membuat orang-orang menjadi mudah, tetapi terpenting adalah membuat sekitarnya menjadi lebih baik….Sistem yang dibuat tidak selalu mudah, karena dgn  segala kesulitan-kesulitan yang dihadapinya, justru akan membuat produknya  menjadi lebih baik untuk pengguna….  
Begitu kira-kira ya arti bebasnya…..dan saya yakin anda lebih tahu tentang Manajerial…. 
Saran saya, baca juga perjalanan Steve Jobs, ….yang sebelumnya pernah bekerja di Apple dan keluar……..krn sangat idealis, memegang prinsip kuat dan perjalanan spiritualnya hingga ke India….dan kembali menjadi CEO di Apple.

Kenapa kita harus diuji? dan apakah dgn tidak ada Ujian, hidup kita menjadi lebih berkualitas?? Bukankah Kesulitan adalah jalan menuju Kemudahan??….
Dari cerita diatas….Kita harus percaya….atau “Beriman” istilah dalam agama….Jadi ustadz dulu nih……..terutama bagi anda yang Muslim…”Sementara itu, orang-orang yang beriman, mereka tidak pernah berputus asa dari rahmat Allah SWT. Mereka yakin dengan janji Allah bahwa pada setiap kesulitan itu diapit oleh kemudahan. (QS. Alam Nasyrah  : 6)……Tuhhh…Masih gak yakin???
Terlalu cepat nih artikel menyimpulkan……tapi….inilah yang sempat kutumpahkan,semoga bisa mengambil hikmahnya walau singkat…mohon maaf sebelunya ya…


Salam,
Hendrawan

Sebuah Negara/Daerah, Cermin Kualitas seorang Kepala Negara/Daerah (Part1)

Kunjungan di beberapa lokasi/negara, kadang membuatku takjub sekaligus salut kepada para penyelenggara negara tersebut…

bagaimana tidak? hal yang didambakan seorang warga negara terwujud justru tidak di negara sendiri, betapa mirisnya…. kaciaan deh…
katakanlah, sarana publik yg tersedia untuk rakyatnya, tersedia banyak alternatif, murah dan nyaman seperti moda transportasi (Bus, Sub way, KA yg tdk terhambat jalan, taksi dlsb) …tertata dgn rapih, keamanan para wisatawan, warga negara terjamin….

sebut saja, Singapore atau Korea…. sarana publik demikian baiknya, …China, yang kata orang negara Sosialis Komunis, yang dulu ditakuti…ketika segera membuka diri dan…kemajuan pesat 10 thn terakhir ini sangat terlihat bedanya….

Untuk Indonesia, ada benarnya, ketika Gus Dur pernah bilang, klu kita ingin maju lebih baik lagi…rasanya Indonesia harus dijajah kembali oleh Inggris, dan Merdeka,…mungkin Indonesia akan menjadi lebih baik lagi…hehe….guyonan yang menyindir, tapi tepat sasaran menurut saya…

tapi, mari kita membahas sejenak hal ini….
Terlintas dalam fikiran saya, ketika menyaksikan kemajuan di negara yang disinggahi….adalah Profile Pemimpin bangsanya…. sebagai wisatawan saja, merasa salut…dan tentu saja betapa kagumnya, bagaiamana para pemimpin negara itu mengemban amanah…terlepas dari bgm sebenarnya mereka memimpin…tapi dari manfaat yang dirasakan warganya, jelas terasa…

Tidak banyak saya keliling Negara-negara lain…
tapi beberapa negara yang kukunjungi, ditambah pengetahuan ketika Kuliah Pasca tentang Globalisasi dengan mendatangkan beberapa dosen tamu yang pernah hidup/tinggal, mengajar dan sekolah serta dengan pengalaman di seluruh dunia, rasanya sudah cukup untuk menggambarkan itu semua….

Lalu parameter apa saja, berdasar teori…seorang penyelenggara negara dianggap sukses??
Kesadaran yang sama, muncul juga dari seorang warga, tercermin juga dalam blognya reza yang melihat dari perspektif lain, yaitu kenegarawanan seorang pemimpin negara diperlukan baik utk kemajuan dalam hal pendidikan, ekonomi, militer dan politik.

Cukup menggembirakan ketika ada seorang walikota punya cukup kesadaran untuk ini, katakanlah seorang walikota di Malang, menyampaikan hal berikut “Kemakmuran masyarakat dan terciptanya sarana publik adalah sesuatu yang mesti integral dengan kebangkitan sebuah daerah. Saya yakin, apabila masyarakat Tumapel pada saat itu stabil ekonominya apalagi sudah lepas dari pemerasan Akuwu Tunggul Ametung. Daerah yang aman dari gangguan asing, lebih besar peluang untuk maju dan meningkatkan kesejahteraannya”…

Tentu saja kita berharap hal ini bisa terwujud di lokasi-lokasi lain. Contoh lain, sebagai warga Jawa Barat, cukup bangga ketika Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, pernah menyampaikan Visinya bahwa Jabar akan menjadi Provinsi termaju dengan infrastruktur terpadu, dalam 15 thn mendatang, dengan uraian Aksinya yg cukup terukur…. walaupun saya anggap, dengan kondisi jabar (kebutuhan Masyarakat dan urgensinya) saat ini, mestinya visi diatas bisa lebih cepat dari itu atau lebih banyak lagi menggerakkan sektor lain….tapi “cukup baik” daripada tidak memiliki visi….karena permasalahan “warisan” sebelumnya memang cukup pelik, dan semoga dapat memberikan spirit untuk menggerakkan daerah2 di bawahnya terutama para walikota dan kepala daerahnya….

Katakanlah, Kota Bandung sebagai pusat Provinsi Jabar, sudah cukup memiliki simbol yg dapat menarik wisatawan, katakan saja Gedung sate yang unik, jembatan Pasupati yang mirip Jembatan Erasmusburg di negeri Belanda dll.
Bagaimana dengan Provinsi lain? semoga juga memiliki spirit yg sama bahkan dapat lebih baik lagi untuk mengenal potensi dan kebutuhan daerahnya…
Perhatian saya tentang ini masih jauh dari sempurna, paling tidak inilah sumbangan pemikiran dari seorang warga yang ingin negaranya maju…
Lalau sebenarnya apa yg diperlukan dalam mencapai taraf kemajuan suatu negara/daerah utk mengejar globalisasi ini?
akan kita bahas pada artikel lanjutan…

Hendrawan
Pemerhati Leadership Kota/Provinsi…

Masalah Umum Blackberry

Sejak punya Blackberry, bulan Agsutus 2009, terasa nyaman menggunakan ini, bgmn tidak? …hampir setiap masalah komunikasi baik di kantor, rumah, bersosialisasi dgn temen2 melaui FB, YM dll bisa teratasi.. BB saya pake Bold 9000

tapi seiring penggunaannya, ada beberapa maslah, karena penggunaan ini, email gak fungsilah, notifikasi gak muncul dll… berikut masalah yg pernah saya hadapi, dan solusinya, hasil surfing…klu ada masalah saja sih…

beberapa kendala dalam mengoperasikannya…yang pernah saya alami

1. Notifikasi Email/Facebook gak muncul

kelabakan juga pas email gak muncul, kehilangan informasi nih…

caranya :
Sekedar pemberitahuan, kenapa bisa sampai terjadi kejadian Notifications Facebook Untuk Blackberry Tidak Muncul seperti ini bisa dikarenakan dua hal :

1. Karena Lama tidak melakukan Send service book, fungsi dari sent service book itu sendiri untuk mengkonfirmasi kepemilikan email terhadap perangkat blackberrynyaa…Untuk mengatasi hal ini ada 2 cara :
a.Masuk ke emaill seting, trus login, trus help, trus pilih send service book ( klo lewat BB nya)
b.Pake kompu, login di http://www.tekomsel.blackberry.com/, trus masuk help, trus pilih/klik send servicebook nya

2. Karena Inbox email kita kepenuhan, sebenernya alasan ini cuman buat jaga jaga aja, tapi gak menutup kemungkinan inbox yang kebanyakan hingga nyaris 10ribuan bikin email kamu mengalami gangguan ato trouble..jadi jangan lupa minimal 1 bulan sekali email yang dipake untuk account facebooknya di deletin ya inboxnyaaa

Sumber :
http://pampamcuap.blogspot.com/2009/10/mengatasi-notifications-facebook-untuk.html

2. Delete Recycle bin di BB

kalau sudah banyak pengunaan BB ini, memory biasanya penuh, dan efeknya jadi lambat…karena mungkin saya kurang perhatian untuk me-maintenance aplikasi, kya mendelete rutin email dll.

saya surf aja, eh ini dia solusinya..

Untuk Delete Mail dari Folder:
Masuk Messages -> Options -> Email Reconciliation -> click Menu and select Purge Deleted Items ->
nanti akan ada permintaan untuk mendelete email sesuai pilihan email yg sudah di setting BB anda, pilih aja salah satu klik yes

ada lagi cara lain (sorry pake narasi aslinya nih..):

From your home screen
go to Profiles -> scroll down to Advanced -> highlight the active profile and click menu button and select Edit -> select your Message (desktop, yahoo, gmail etc.)/SMS and hit the trackball ->

sumber:
http://supportforums.blackberry.com/t5/BlackBerry-Pearl-BlackBerry-8100/Recycle-bin-or-Delete-folder-on-BB-8100/m-p/42962;jsessionid=2B002064DCDCA4F69664467E6AAE0D75#M4606

salam,
Hendrawan